Logo Bloomberg Technoz

Penguatan IHSG Dibayangi Data Ekonomi AS Nanti Malam

Muhammad Julian Fadli
05 July 2024 08:33

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024, berpotensi bergerak mixed dengan kecenderungan wait and see atas respons pasar terhadap data ekonomi dari Amerika Serikat (AS) malam nanti, termasuk data tenaga kerja lanjutan, sebagai petunjuk keputusan suku bunga Federal Reserve selanjutnya.

Adapun pada perdagangan kemarin Kamis 4 Juli, IHSG mencatat kenaikan 24,13 poin, atau menguat 0,34% dan menutup perdagangan pada level 7.220.

Analisis Teknikal IHSG Jumat 5 Juli 2024 (Riset Bloomberg Technoz)

Secara teknikal, IHSG sejatinya masih berpotensi melanjutkan tren penguatan, namun dengan laju yang terbatas, bergerak di kisaran sempit menuju trendline garis putih, usai break MA-100 pada area level 7.250–7.280.

Untuk resistance selanjutnya ada level 7.320 yang jadi target terdekat dan paling optimis. Dengan terkonfirmasi memiliki support kuat IHSG pada level 7.170–7.150 di time frame daily-nya.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Jelang rilis data pengangguran, dan rekrutmen tenaga kerja utama nanti malam atau Jumat pagi waktu AS, yaitu data tingkat pengangguran AS pada Juni, lalu Non-Farm Payroll (NFP) juga akan dirilis.