Logo Bloomberg Technoz

Selain menyebarkan konten negatif di media sosial, Fenny juga menerangkan, beberapa artis maupun influencer juga turut menggaungkan label "No Palm Oil" sebagai bagian dari promosi hidup sehat.

Oleh karenanya, untuk mengembalikan citra sawit RI, pemerintah Indonesia bersama GAPKI, Malaysian Palm Oil Council (MPOC), dan Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) telah berkoordinasi dengan Asian Palm Oil Alliance (APOA), yang merupakan aliansi negara-negara konsumen kelapa sawit di Asia.

"[Mereka] sepakat untuk melakukan kampanye positif kelapa sawit di India," tegasnya.

Ditemui pada akhir April 2024, Ketua Umum Gapki Eddy Martono dalam paparannya mencatat, berdasarkan data Gapki, volume ekspor Crude Palm Oil/CPO Indonesia ke sejumlah negara dari Januari ke Februari 2024 mengalami tren penuruan.

Pengapalan ke India juga terpantau turun menjadi 2,4 juta ton dari 5,27 juta ton. Lalu, ke Pakistan dari 2,84 juta ton turun menjadi 1,87 juta ton, dan ke China dari 3,75 juta ton menjadi 3,26 juta ton. Adapun, ke Uni Eropa juga mengalami penurunan menjadi 3,41 juta ton dari 3,68 juta ton.

"Ekspor produk sawit ke Uni Eropa pada 2023 mengalami penurunan dibandingkan dengan 2022, atau dari 5,3 juta ton kemudian turun menjadi 4,17 juta ton. Jadi ada penurunan terus di Uni Eropa," kata Eddy.

"Kampanye negatif yang makin meningkat juga dibeberapa negara akan mempengaruhi kinerja industri sawit di tahun 2024," tegasnya.

(prc/wdh)

No more pages