Logo Bloomberg Technoz

Riuh Artis India Bikin Kampanye Hitam Sawit RI, Gapki Buka Suara

Pramesti Regita Cindy
05 July 2024 08:20

Ilustrasi Kebun Kelapa Sawit (bpdp.or.id)
Ilustrasi Kebun Kelapa Sawit (bpdp.or.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyebut black campaign atau kampanye hitam yang dilakukan oleh sejumlah kalangan; termasuk oleh selebritas maupun influencer asal India terhadap kelapa sawit Indonesia bukanlah hal yang baru.

Ketua Kompartemen Media Relation Bidang Komunikasi Gapki Fenny A Sofyan menyatakan kampanye hitam ini merupakan perpanjangan dari kampanye serupa yang sebelumnya telah dilancarkan di negara-negara Barat (Uni Eropa), yang kini telah merambah ke Negeri Taj Mahal tersebut melalui berbagai konten media sosial.

Fenny bahkan menuturkan pola kampanye hitam ini sangat mirip dengan yang terjadi di negara-negara Barat, di mana konten-konten yang beredar disebutnya mengandalkan hasil riset tertentu yang mengaitkan kelapa sawit dengan dampak negatif bagi kesehatan.

"Kita ketahui India adalah salah satu importir kelapa sawit indonesia terbesar, maka sangat disayangkan jika kaum muda [terutama] memiliki pemahaman yang keliru terkait kelapa sawit," ungkap Fenny kepada Bloomberg Technoz, dikutip Jumat (5/7/2024).

Produksi minyak kelapa sawit./Bloomberg-Ferley Ospina

Kaum muda yang seringkali memiliki perhatian besar terhadap isu kesehatan dan lingkungan inilah, yang menurutnya, kian mendasari luasnya kampanye hitam tersebut di India.