Logo Bloomberg Technoz

Poundsterling Stabil usai Partai Buruh Diproyeksikan Menang Besar

News
05 July 2024 07:50

Ilustrasi Poundsterling. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Poundsterling. (Sumber: Bloomberg)

Greg Ritchie - Bloomberg News

Bloomberg, Poundsterling stabil setelah jajak pendapat (exit poll) mengindikasikan bahwa Partai Buruh Inggris akan meraih kemenangan besar yang telah lama diprediksi dalam pemilu. Keir Starmer akan menjadi Perdana Menteri dengan janji stabilitas ekonomi yang lebih baik.

Mata uang ini sedikit berubah di sekitar US$1.276, dengan pasar berharap periode penuh gejolak dalam politik Inggris sudah berakhir. Exit poll memperkirakan Partai Buruh akan memenangkan 410 dari 650 kursi di House of Commons, jumlah terbanyak sejak kemenangan besar Tony Blair pada 1997.

Menjelang pemilu, para investor bertaruh bahwa kemenangan Starmer akan berarti berakhirnya kekacauan pasar yang disebabkan oleh kebijakan. Meskipun dukungan Partai Buruh untuk pajak yang lebih tinggi dan serikat pekerja secara tradisional bertentangan dengan pasar, kali ini para trader yakin bahwa momok krisis Gilts atau obligasi pemerintah di Inggris dua tahun lalu akan membuat pemerintahan berikutnya tetap terkendali.

“Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, Inggris akan menjadi negara yang relatif stabil secara politik dan ini akan menguntungkan moderasi premi risiko dan diskon pasar aset,” tulis Krishna Guha dan Marco Casiraghi dari Evercore ISI dalam sebuah catatan.