Logo Bloomberg Technoz

“Pasar memperkirakan lapangan kerja akan menunjukkan sedikit perlambatan atau stabilitas. Tanda apa pun bahwa perekonomian AS melambat lebih cepat bisa menjadi hal yang sangat positif bagi mata uang negara-negara berkembang,” kata Marco Oviedo, ahli strategi investasi senior di XP Investimentos di Sao Paulo.

Indeks acuan CAC 40 Perancis naik untuk hari kedua menjelang putaran terakhir pemungutan suara akhir pekan ini dalam pemilihan parlemen cepat.

Indeks tersebut memperpanjang kenaikannya karena jajak pendapat menunjukkan bahwa National Rally yang dipimpin oleh Marine Le Pen dan sekutunya akan gagal mencapai mayoritas.

Di Asia, investor akan menantikan rekor baru pada indeks saham Topix Jepang, yang mencatat rekor tertinggi baru pada Kamis. Yen sedikit berubah pada Jumat pagi setelah sedikit menguat dalam rebound dari level terendah sejak 1986 yang dicapai pada Rabu.

Rilis data di wilayah ini pada hari Jumat mencakup inflasi di Filipina, Thailand, dan Taiwan. Data belanja rumah tangga Jepang dan penjualan ritel Singapura juga akan dirilis.

Data Ekonomi Lunak

Saham-saham global berada di jalur kenaikan mingguan terpanjang sejak Maret, didorong oleh serangkaian data ekonomi AS yang melemah, yang menghidupkan kembali harapan penurunan suku bunga pada September.

Laporan pada Rabu menunjukkan sektor jasa Amerika berkontraksi pada laju tercepat dalam empat tahun, sementara pasar tenaga kerja melihat tanda-tanda pelemahan lebih lanjut sebelum angka pekerjaan utama pada Jumat

“Dengan jasa ISM kemarin turun menjadi 48,8, yang terlemah sejak pandemi dan memburuknya klaim lapangan kerja, pada akhirnya data negatif dipandang positif bagi pasar,” kata Justin Onuekwusi, kepala investasi di St James Place. “Rasanya September adalah tanggal yang dinanti semua orang.”

West Texas Intermediate (WTI), harga minyak AS, naik tipis pada pagi hari ini. Bitcoin diperdagangkan sekitar US$58,500.

(bbn)

No more pages