Logo Bloomberg Technoz

Dengan diproduksinya Kona Electric di Indonesia, kata Fabby, bakal menambah pilihan EV bagi konsumen.

Berkaca dari kasus EV China, penurunan harga produk completely built up (CBU) impor dengan produksi dalam negeri mencapai 30% hingga 40%.

“Harga Kona Electric impor saat ini sebesar Rp700 jutaan. Kalau harganya bisa turun di bawah Rp500an juta, ada peluang untuk dilirik konsumen. Sekarang ini brand EV China sudah dijual dengan harga Rp400 juta—Rp500 juta dengan kualitas yang cukup bagus,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan pabrik dan ekosistem baterai untuk EV dari konsorsium asal Korea Selatan, yakni PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power dengan nilai investasi Rp160 triliun.

Adapun, Hyundai Motor Company dan LG Energy Solution merupakan perusahaan korea yang tergabung dalam konsorsium tersebut. Sejalan dengan itu, Kepala Negara juga meresmikan pabrik EV milik Hyundai dengan nilai investasi Rp20 triliun.

“Saya sangat menghargai grand package ekosistem baterai listrik yang terintegrasi, yaitu konsorsium antara Hyundai dan LG dengan investasi sebesar Rp160 triliun, yang akan diselesaikan secara bertahap,” ujar Jokowi dalam agenda peresmian yang disiarkan secara virtual, Rabu (3/7/2024).

(prc/wdh)

No more pages