Logo Bloomberg Technoz

Penjualan EV di RI Digadang-gadang Tembus 35 Ribu Unit pada 2024

Pramesti Regita Cindy
05 July 2024 06:30

Ilustrasi mobil listrik yang sedang mengisi daya. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi mobil listrik yang sedang mengisi daya. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa memproyeksikan penjualan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia bisa mencapai kisaran 30.000—35.000 unit pada 2024.

Proyeksi ini dilandasi oleh perhitungan makin banyaknya tipe EV yang masuk ke pasar Indonesia hingga kuartal II-2024. Selain itu, harga dari EV baru tersebut juga berada pada rentang Rp300 juta—Rp400 juta yang sesuai dengan daya beli konsumen Indonesia. 

“Pengurangan PPN [pajak pertambahan nilai] jadi 1% juga jadi daya tarik buat orang yang akan membeli mobil,” ujar Fabby saat dihubungi, dikutip Jumat (5/7/2024).

Selain itu, kesadaran konsumen tentang EV juga lebih baik. Terlebih, persepsi EV sebagai barang baru juga memantik keinginan konsumen untuk mencoba membeli. 

Mobil listrik Citroen EC3 dipamerkan dalam ajang GIIAS di ICE BSD City, Kamis (10/8/2023). (Bloomberg Tehcnoz/ Andrean Kristianto


Dalam kaitan itu, kehadiran pabrik baterai dan pabrikan EV di Indonesia juga dapat mendorong harga EV lebih rendah dan terjangkau bagi konsumen Indonesia. Dengan demikian konsumen dapat lebih cepat beralih membeli EV.