Logo Bloomberg Technoz

DPR Minta Sri Mulyani Tambah Anggaran Rp598 Triliun di APBN 2025

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 July 2024 19:10

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Anggaran (Banggar) DPR RI mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp598,9 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Ia menjelaskan, angka tersebut diperoleh atas masukan dari berbagai komisi yang telah melaksanakan rapat kerja.

"Bapak Ibu semua sudah setuju, Rp 598,9 triliun dari belanja pusat dari komisi I-XI. Usulannya Rp 598,9 triliun, itu usulannya tanpa menambah defisit," kata Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah dalam Rapat Kerja Banggar dan Pemerintah di DPR RI, Kamis (4/7/2024).

Atas usulan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut akan mengkaji permintaan tersebut dengan ruang fiskal yang dimiliki pemerintah mendatang dan tetap menjaga postur-postur yang telah disepakati.

“Tentu kami akan melihat dari fiskal space-nya dan tetap jaga postur yang disepakati di komisi XI dan panja A,” ujar Sri Mulyani dalam rapat tersebut.

Ia mengungkapkan pihaknya akan menyusun Rancangan APBN 2025 agar tetap dapat menjawab berbagai tantangan pembangunan, dengan tetap menjaga kesehatan dan keberlanjutannya.