Logo Bloomberg Technoz

Putin & Xi Bentuk Tatanan Keamanan Eurasia Baru untuk Tantang AS

News
04 July 2024 20:00

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping (Sumber: Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping (Sumber: Bloomberg)

Henry Meyer - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin mengusulkan proposal untuk arsitektur keamanan Eurasia baru. Usulan tersebut dibuat atas pendalaman hubungan Moskow dengan Beijing untuk menantang tatanan pasca-Perang Dingin di Eropa yang didominasi oleh AS dan sekutunya.

Tujuan Rusia adalah memastikan "keamanan dan pembangunan yang tak terpisahkan untuk menggantikan model Euro-sentris dan Euro-Atlantik yang sudah ketinggalan zaman dan memberikan keuntungan sepihak kepada masing-masing negara," kata Putin dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) keamanan di Astana, Kazakhstan, Kamis (3/7/2024).

"Hasil dari tatanan dunia ini sudah diketahui dengan baik--meningkatnya jumlah krisis di seluruh dunia, salah satunya tentu saja adalah Ukraina." 

Putin memicu konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II dengan invasi ke Ukraina pada Februari 2022. Dia telah berulang kali menuntut agar pemerintah di Kyiv meninggalkan ambisinya untuk bergabung dengan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO), yang telah meluas sejak dimulainya perang setelah Finlandia dan Swedia bergabung sebagai tanggapan atas serangan Rusia ke Ukraina.