Logo Bloomberg Technoz

Hizbullah Luncurkan Serangan Balas Dendam Komandan Dibunuh Israel

Redaksi
04 July 2024 18:20

Hizbullah meluncurkan lebih dari seratus rudal ke lokasi-lokasi militer Israel (Dok: Bloomberg)
Hizbullah meluncurkan lebih dari seratus rudal ke lokasi-lokasi militer Israel (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hizbullah mengatakan pada Kamis (4/7/2024) bahwa mereka telah meluncurkan lebih dari 200 roket yang menargetkan lima posisi militer Israel.

Melansir Al Arabiya, serangan ini disebut merupakan balas dendam Hizbullah atas pembunuhan salah satu komandan tertingginya di Lebanon selatan pada Rabu.

Tentara Israel mengatakan bahwa 17 peringatan dibunyikan selama 90 menit di berbagai bagian wilayah utara, dari Nahariya di barat hingga Golan di timur, di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa bentrokan lintas-perbatasan antara sekutu Hamas, Hizbullah, dan Israel dapat meningkat menjadi perang habis-habisan.

Sebelumnya, serangan udara tentara Israel telah menewaskan komandan senior Hizbullah, Mohammed Naameh Nasser. Menurut laporan televisi Al-Jadeed pada Rabu (3/7/2024), kepala unit Aziz dari Hizbullah, sebuah divisi regional di sektor selatan, itu diserang saat melakukan perjalanan ke daerah Hosh di Tyre. 

Israel telah membunuh ratusan anggota milisi yang didukung Iran, termasuk tokoh senior lainnya, sejak kedua belah pihak mulai terlibat baku tembak lintas perbatasan hampir setiap hari pada Oktober.