Logo Bloomberg Technoz

Calon-calon Pengganti Biden di Pilpres AS Jika Dicopot Demokrat

Redaksi
04 July 2024 18:40

Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden Kamala Harris dikabarkan menjadi alternatif utama untuk menggantikan Presiden AS Joe Biden jika ia memutuskan untuk tidak melanjutkan kampanye pemilihannya kembali.

Kabar ini berasal dari tujuh sumber senior di kampanye Biden, Gedung Putih, dan Komite Nasional Partai Demokrat yang mengetahui tentang diskusi saat ini tentang topik tersebut.

Pada debat pekan lalu, Biden tampil ragu, terkadang tidak koheren, dan mendapat sorotan luas saat melawan rivalnya dari Partai Republik, Donald Trump.

Hal ini memicu gelombang kepanikan di tubuh Partai Demokrat. Mereka khawatir Biden mungkin tidak begitu sehat untuk menjalani masa jabatan kedua.

Melansir Reuters, Kamis (4/7/2024), beberapa tokoh Partai Demokrat yang berpengaruh disebut telah mengajukan nama-nama pengganti Biden selain Harris. Mereka adalah para anggota kabinet yang populer dan para gubernur Partai Demokrat, seperti Gavin Newsom dari California, Gretchen Whitmer dari Michigan, dan Josh Shapiro dari Pennsylvania.