Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Suntik Dana Tambahan Rp 15 T ke LPDP

Krizia Putri Kinanti
06 April 2023 15:22

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menginvestasikan dana tambahan sebesar Rp15 triliun dalam endowment fund atau dana abadi untuk pendidikan kepada BLU Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Hingga Maret 2023, Sri Mulyani mengatakan pihaknya mencatat dana abadi untuk pendidikan yang dikelola oleh LPDP sudah terkumpul sebesar Rp134,1 triliun. 

"Investasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya ungkit manfaat APBN pada masyarakat yang lebih luas, terutama dalam bidang pendidikan," kata Sri Mulyani, dalam unggahan di Instagram @smindrawati, dikutip Kamis (6/4/2023).

Menurut Sri Mulyani, sebagai bukti nyata manfaat dari dana abadi pendidikan tersebut, pada tahun ini LPDP ditargetkan untuk membiayai sejumlah program beasiswa.

Di antaranya yakni kepada 7.000 orang penerima beasiswa dari program native LPDP, 287.591 orang dari program kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), 41.826 orang dari program kolaborasi Kementerian Agama (Kemenag), hingga 114 riset yang terdiri atas 75 riset baru dan 39 riset lanjutan.