Logo Bloomberg Technoz

Para manajer aset di seluruh dunia ingin melakukan konsolidasi dengan operasi-operasi bank dan perusahaan asuransi yang dianggap terlalu kecil.

Di Eropa, perusahaan-perusahaan seperti Amundi SA dari Prancis telah membeli saingan-saingan mereka untuk meningkatkan skala mereka. Pada akhirnya langkah ini menentukan pendapatan biaya manajemen perusahaan-perusahaan tersebut. 

Perusahaan lain telah berekspansi ke area baru dengan membeli manajer aset yang memiliki aset dan strategi yang tidak dimiliki oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Area yang paling aktif adalah pasar swasta dengan banyak perusahaan menengah yang menjajaki opsi dan manajer aset besar seperti BlackRock Inc yang berekspansi di area ini.

Chief Executive Officer Axa, Thomas Buberl, telah mengalihkan fokus perusahaan asuransi ini dari asuransi jiwa ke asuransi properti, kecelakaan, dan kesehatan. Sehingga, Axa tidak terlalu peka terhadap risiko pasar.

Bisnis manajemen aset perusahaan asuransi ini mengelola pendapatan premi Axa yang sebagian besar diinvestasikan di pasar pendapatan tetap.

BNP Paribas dipandang terbuka terhadap kesepakatan untuk menggunakan sebagian dari kelebihan uang tunai yang terkumpul dari penjualan bisnis ritelnya di Amerika Serikat. Pasalnya prospek suku bunga yang lebih rendah mendorong bank-bank untuk mendiversifikasi sumber pendapatan mereka.

Divisi manajemen aset Deutsche Bank AG disebut mengadakan pembicaraan awal pada tahun 2019 untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan, seperti UBS Group AG, Axa SA, dan Amundi SA. DWS Group tidak menjajaki skenario di mana Deutsche Bank akan kehilangan kendali atas unit tersebut.

(bbn)

No more pages