Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Klaim 14 Temuan BPK Sudah Ditindaklanjuti

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 July 2024 15:13

Ruang sidang paripurna DPR sebelum sidang dimulai pada Selasa (21/3/2023). (Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan)
Ruang sidang paripurna DPR sebelum sidang dimulai pada Selasa (21/3/2023). (Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan telah menindaklanjuti 14 temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2023 dengan melakukan serangkaian tindakan.

“Dalam hasil pemeriksaan BPK atas LKPP Tahun 2023, disampaikan 14 temuan yang perlu menjadi perhatian pemerintah untuk ditindaklanjuti guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara di masa mendatang,” ujar Sri Mulyani saat menyampaikan RUU P2 APBN TA 2023 di Sidang Paripurna DPR RI, Kamis (4/7/2024).

Ia mengungkapkan terdapat lima langkah yang diambil pemerintah atas temuan BPK dalam LKPP 2023 tersebut. Pertama, mengkoordinasikan terwujudnya integrasi sistem akuntabilitas kinerja dengan sistem perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban anggaran untuk meningkatkan kualitas belanja.

Kedua, terus mendorong penyelesaian permasalahan di bidang perpajakan dengan mengevaluasi dan menyempurnakan proses bisnis. Hal itu, menurut dia dapat menghindari kesalahan pencatatan di masa yang akan datang.

Ketiga, Sri Mulyani menyebut akan mengevaluasi dan menyempurnakan implementasi Automatic Blocking System atau pemblokiran sementara anggaran Kementerian/Lembaga (K/L).