Logo Bloomberg Technoz

"Wajar semua melakukan move dan strategi. Kami PKS bahagia dan AMAN,” imbuh Mardani. 

Terkait adanya perbedaan sosok bakal cawagub, kata Mardani, PKS berencana akan bertemu dengan PKB dan PDIP. 

Di sisi lain, Mardani berpandangan akan sulit jika terdapat tiga kubu dalam Pilgub Jakarta karena jika lebih dari dua kubu maka akan terjadi dua putaran dalam Pilkada Jakarta.

“Kalau PKB-PDIP bisa tapi peluang di DKI, DKI ini kan 50% + 1 gitu loh. Jadi dari awal sadar udah dua kubu saja biar satu kali putaran,” ucap dia. 

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid sebelumnya meminta PKB rekan koalisinya tersebut bersabar dalam rencana politik pada Pilkada DKI Jakarta. Hal ini merujuk pada keputusan PKS yang secara tiba-tiba mengusung pasangan calon Anies Baswedan-Sohibul Iman.

“Maka sampai detik ini belum selesai nanti kita lihat dinamikanya ke depan termasuk kepada teman-teman PKS bersabar dulu lah untuk kemudian duduk bareng-bareng gitu bersama partai yang lain supaya enggak ngunci dua partai saja,” kata Jazilul.

Menurut dia, PKB memang berpotensi mengusung mantan calon presiden pada Pemilu 2024, Anies Baswedan. Hal ini kemudian diterjemahkan PKS sebagai jatah PKB yaitu kursi calon gubernur.

PKS kemudian berinisiatif memiliki calon wakil gubernur. Kali ini mereka memilih salah satu dari kadernya yaitu Sohibul Iman.

Padahal, kata dia, koalisi PKB-PKS seharusnya membuat peluang tambahan partai politik lain. Salah satunya dengan membuka potensi diusungnya kader partai politik lain yang bergabung pada koalisi tersebut.

Toh, menurut dia, belum ada satu pun koalisi yang terbentuk dan pasti pada Pilkada DKI Jakarta. Semua partai politik masih ada kemungkinan bergabung atau membentuk koalisinya sendiri.

PKB juga tengah menjalin koalisi dengan PDIP di Jakarta. Partai berlambang kepala banteng tersebut pun tengah gencar mengusung mantan Panglima TNI (purnawirawan) Jenderal Andika Perkasa sebagai cagub atau pun cawagub. 

Partai besutan Muhaimin Iskandar tersebut pun menyatakan tak keberatan mempertimbangkan nama Andika dan Sohibul sebagai calon pendamping Anies Baswedan.

(mfd/ain)

No more pages