Logo Bloomberg Technoz

Puan soal Budi Arie: Kalau tak Maksimal, Menteri Harus Dievaluasi

Mis Fransiska Dewi
04 July 2024 14:00

Budi Arie Setiadi. (Andri / Humas Kemendes)
Budi Arie Setiadi. (Andri / Humas Kemendes)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah, khususnya Presiden Jokowi untuk mengevaluasi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi imbas lumpuhnya pusat data nasional (PDN) yang diretas oleh hacker. 

“Menteri itu merupakan orang yang membantu presiden jadi ya selama dalam menjalankan tugasnya tidak bisa maksimal ya mungkin bisa dievaluasi oleh presiden,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Kamis (4/7/2024). 

Pernyataan itu muncul usai Puan ditanya perihal Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan mundur jadi jabatannya usai menukangi direktorat Aplikasi dan Informatika (Aptika) selama delapan tahun.

Menurut Puan, Komisi I DPR telah membahas peretasan tersebut karena seharusnya peretasan PDN oleh hacker tidak terjadi. Puan meminta Kemenkominfo dievaluasi kemudian menindaklanjuti kasus tersebut. 

“Pihak-pihak yang kemudian merasa lalai atau kemudian bertanggung jawab ya sebaiknya bisa mengevaluasi diri,” ucap Puan.