Logo Bloomberg Technoz

Serangan Udara Israel Bunuh Komandan Senior Hizbullah di Lebanon

News
04 July 2024 12:40

Perang Israel-Hizbullah di Lebanon. (Dok: Bloomberg)
Perang Israel-Hizbullah di Lebanon. (Dok: Bloomberg)

Dana Khraiche dan Alisa Odenheimer - Bloomberg News

Bloomberg, Serangan udara tentara Israel berhasil menewaskan komandan senior Hizbullah. Insiden ini menambah konflik yang sudah memanas.

Menurut laporan televisi Al-Jadeed pada Rabu (03/07/2024) kepala unit Aziz dari Hizbullah, sebuah divisi regional di sektor selatan, diserang saat melakukan perjalanan ke daerah Hosh di Tyre. Hizbullah membenarkan salah satu komandannya, Mohammed Naameh Nasser, dibunuh oleh Israel.

Israel telah membunuh ratusan anggota milisi yang didukung Iran, termasuk tokoh senior lainnya, sejak kedua belah pihak mulai terlibat baku tembak lintas perbatasan hampir setiap hari pada Oktober. Konflik yang memanas ini telah meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya perang habis-habisan yang dapat menyeret Teheran dan kekuatan regional lainnya. Negara-negara termasuk AS sedang berupaya mencegah eskalasi.

Israel mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan Nasser. Pihaknya mengatakan Nasser memimpin penembakan roket dan rudal anti-tank dari Lebanon barat daya ke arah warga sipil dan komunitas Israel. Hizbullah menanggapi pembunuhan itu dengan meluncurkan puluhan roket ke Israel utara.