Logo Bloomberg Technoz

Ketidakpuasan masyarakat yang timbul akan menguji keberanian para pembuat kebijakan dalam melaksanakan rencana pemotongan subsidi BBM yang lebih luas untuk melindungi peringkat peringkat investasi.

Peringkat dukungan terhadap Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin sudah merosot, dan peningkatan inflasi juga melemahkan alasan penurunan suku bunga yang telah lama dia tekankan kepada bank sentral.

Pengemudi truk Thailand berencana melakukan protes untuk menuntut pemerintah mengembalikan batas harga solar menjadi 30 baht (US$0,82) per liter. Di Malaysia, bahkan anggota parlemen dari koalisi yang berkuasa telah mengkritik reformasi subsidi bahan bakar, dengan mengatakan bahwa hal ini memaksa bisnis untuk tutup.

Namun, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim memuji manfaat ekonomi dari kehati-hatian fiskal. Dia mengutip penegasan kembali skor kredit negara Malaysia oleh S&P Global dan Fitch Ratings sebagai cerminan seberapa baik pemerintahnya mengelola perekonomian – sesuatu yang merupakan kunci untuk menarik investor.

Potensi manfaat fiskalnya juga cukup besar. Malaysia adalah negara yang paling diuntungkan dibandingkan dengan negara tetangganya karena subsidi bahan bakar menghabiskan 2% produk domestik bruto (PDB) pada 2023 atau 35 miliar ringgit (US$7,4 miliar), menurut laporan Bank of America.

Penghematan tahunan bisa menjadi besar jika pemerintah menargetkan bensin RON95 yang paling banyak digunakan pada akhir tahun ini.

Hal ini akan menjadi sangat penting ketika Malaysia sedang berjuang untuk menata keuangannya setelah pandemi ini, dengan tujuan untuk mengurangi defisit anggarannya dari 5% PDB tahun lalu menjadi 3% pada tahun 2026—2028. Tingginya harga energi yang diakibatkannya mungkin akan membuat Bank Negara Malaysia menunda peninjauan kebijakan moneternya pada minggu depan.

Sementara itu, kewajiban dana minyak negara Thailand senilai 110 miliar baht telah mendorong pemerintah untuk terus menaikkan batasan harga solar.

“Dengan Dana Bahan Bakar Minyak menghadapi tekanan dan pendapatan anggaran yang berada di bawah target tahun ini, sulit untuk mengesampingkan penyesuaian kenaikan lebih lanjut terhadap harga solar setelah batas atas 33 baht per liter berakhir pada tanggal 31 Juli,” kata Krystal Tan, seorang ekonom. di Grup Perbankan Australia & Selandia Baru.

Penyakit Inflasi

Pasti akan ada penurunan harga, terutama karena biaya energi terus berfluktuasi. Harga minyak lebih tinggi 10% dibandingkan awal tahun ini karena pembatasan produksi oleh OPEC+ terus mengekang pasokan global.

Meskipun subsidi atau pembatasan harga dapat melindungi konsumen dari beban biaya bahan bakar, hal ini biasanya terjadi seiring dengan harga minyak mentah.

Dengan harga solar yang lebih tinggi di Thailand bertepatan dengan pulihnya sektor pariwisata dan program bantuan tunai pemerintah, inflasi umum dapat melonjak menjadi 0,9% untuk setahun penuh pada tahun 2024 dari -0,1% pada bulan Januari—Mei, kata ekonom DBS Bank Ltd., Han Teng Chua.

Hal ini mungkin menghalangi Bank of Thailand untuk melonggarkan kendali moneternya dan mempertahankan suku bunga kebijakannya sebesar 2,5% untuk sisa tahun ini, kata Chua.

Untuk Malaysia, HSBC Holdings Plc memperkirakan inflasi umum sebesar 2,7% untuk tahun 2024 dan 3% tahun depan dari hanya 1,8% pada bulan Januari-Mei. Mereka membatalkan seruan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin pada awal tahun 2025, karena melihat adanya jeda suku bunga yang berkepanjangan atau bahkan peluang kenaikan suku bunga yang lebih besar.

“Kami yakin lebih banyak risiko positif kemungkinan akan terwujud pada tahun 2025 setelah subsidi bahan bakar RON95 dimulai, juga bersamaan dengan kenaikan gaji pegawai negeri sebesar 13% mulai bulan Desember ini,” kata ekonom HSBC Yun Liu.

Meskipun kehati-hatian fiskal merupakan kunci bagi kesehatan perekonomian, pengurangan subsidi terutama di negara-negara berkembang akan membebani rumah tangga yang sudah merasakan dampaknya.

Nelayan Malaysia Fairuz Ahmad, 47, khawatir dengan pengeluarannya meski menerima subsidi solar saat melaut. “Apakah biaya barang-barang lain seperti jaring ikan, layanan mobil, dan bahan makanan pokok juga akan meningkat karena penghapusan subsidi solar?”

(bbn)

No more pages