Logo Bloomberg Technoz

Candu Batu Bara RI Makin Tinggi, Lampaui China-Polandia

Dovana Hasiana
04 July 2024 09:40

Pertambangan batu bara./Bloomberg-Bartek Sadowski
Pertambangan batu bara./Bloomberg-Bartek Sadowski

Bloomberg Technoz, Jakarta Salah satu lembaga thinktank energi internasional, Ember, melaporkan ketergantungan Indonesia terhadap batu bara tumbuh pesat pada 2023, guna memenuhi permintaan listrik yang terus meningkat.

Di Indonesia, pangsa listrik yang dihasilkan dari batu bara meningkat sedikit ke rekor tertinggi baru sebesar 61,8%. Hal ini mengakibatkan Indonesia melampaui Polandia dalam hal pangsa batu bara dalam pembangkitan listrik pada 2023, setelah melampaui China pada 2022.

Sekadar catatan, China dan Polandia merupakan negara yang secara historis memiliki ketergantungan yang tinggi pada batu bara.

“Secara keseluruhan, Indonesia dan Filipina adalah dua negara yang paling bergantung pada batu bara di Asia Tenggara dan ketergantungan mereka pada batu bara tumbuh dengan cepat,” sebagaimana dikutip berdasarkan laporan Ember dalam situs resminya, dikutip Kamis (4/7/2024). 

Pertambangan batu bara./Bloomberg-Ferley Ospina

Pada 2023, Indonesia juga menjadi negara dengan pembangkit listrik berbasis batu bara terbesar kelima di dunia, menyalip Korea Selatan untuk pertama kalinya.