Logo Bloomberg Technoz

Stok AS Menurun, Harga Minyak Capai Level Tertinggi Sejak April

News
04 July 2024 08:20

Ladang Minyak.
Ladang Minyak.

Jordan Fitzgerald dan Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak ditutup pada level tertinggi dalam lebih dari dua bulan, setelah laporan pemerintah menunjukkan persediaan minyak mentah AS menyusut paling banyak dalam hampir satu tahun.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 1,3% menjadi sekitar US$84 per barel - harga penutupan tertinggi sejak pertengahan April - setelah Energy Information Administration (EIA) melaporkan penurunan 12,2 juta barel dalam stok minyak AS. Ini merupakan penurunan terbesar sejak akhir Juli 2023. Minyak mentah telah naik sekitar 14% sejak awal Juni.

Harga minyak mentah tetap jauh lebih tinggi tahun ini karena OPEC+ membatasi pasokan, dengan harga minyak berjangka juga terbantu oleh sentimen positif di pasar saham. Risiko geopolitik juga turut mendorong kenaikan harga, karena investor mengamati pemilihan umum di Prancis dan Inggris, serta situasi di Iran. Di Timur Tengah, eskalasi antara Israel dan Hizbullah dikhawatirkan akan meluas menjadi konflik yang lebih besar.

Baru-baru ini, kekhawatiran terhadap musim badai yang berpotensi aktif telah mendukung harga minyak, karena Badai Beryl melintasi Laut Karibia menuju Jamaika.

Grafik harga minyak. (Sumber: Bloomberg)