Logo Bloomberg Technoz

The Fed Tunggu Bukti Inflasi Melambat Sebelum Pangkas Suku Bunga

News
04 July 2024 07:00

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Amara Omeokwe - Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat bank sentral AS atau Federal Reserve (Fed) mengatakan mereka menunggu bukti tambahan bahwa inflasi sedang mereda. Namun, mereka berbeda pendapat tentang berapa lama mempertahankan suku bunga tetap di level tinggi pada pertemuan kebijakan terakhir.

Risalah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) selama dua hari yang berakhir 12 Juni menunjukkan para pejabat tidak memperkirakan penurunan biaya pinjaman "sampai informasi tambahan muncul untuk memberi mereka keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi" berada di jalur menuju target sebesar 2%.

The Fed telah mempertahankan suku bunga acuannya dalam kisaran target 5,25% hingga 5,5% - level tertinggi dalam lebih dari dua dekade - sejak Juli lalu.

Para pejabat pada pertemuan terakhir mereka mengurangi jumlah penurunan suku bunga yang mereka lihat tahun ini menjadi hanya satu kali, menurut proyeksi median. Namun, empat pembuat kebijakan memperkirakan tidak ada penurunan suku bunga pada 2024, sementara delapan pejabat memperkirakan dua kali penurunan.