Logo Bloomberg Technoz

PMI menggunakan angka 50 sebagai titik mula. Skor di bawah 50 menunjukkan aktivitas yang berada di zona kontraksi, bukan ekspansi.

Sektor jasa adalah tulang punggung ekonomi AS, dengan sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai hampir 80%. Jadi masalah di sektor ini akan menyebabkan problema terhadap perekonomian AS secara keseluruhan.

Rilis data kedua adalah di bidang ketenagakerjaan. Automatic Data Processing Inc IADP) mengumumkan sektor swasta AS menciptakan 150.000 lapangan kerja pada Juni. Lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebanyak 157.000 dan menjadi yang terendah sepanjang tahun ini.

“Kalau tidak ada kebangkitan di sektor leisure dan hospitality, maka Juni akan menjadi bulan yang lebih buruk,” tegas Nela Richardson, Kepala Ekonom ADP, dalam keterangan tertulis.

Dua data tersebut menggambarkan ekonomi Negeri Adidaya sudah mulai tidak berdaya. Ini menjadi sinyal kuat bahwa kebijakan moneter ketat telah memakan ‘tumbal’.

Oleh karena itu, investor makin yakin bahwa bank sentral Federal Reserve bisa menurunkan suku bunga dalam waktu dekat mengingat laju inflasi yang mungkin akan meredam seiring perlambatan ekonomi. Mengutip CME FedWatch, peluang penurunan Federal Funds Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5-5,25% dalam rapat The Fed pada September mencapai 68,4%. 

Tidak selesai sampai di situ, Gubernur Jerome ‘Jay’ Powell dan kolega pun diperkirakan bakal menurunkan suku bunga acuan sekali lagi. Probabilitas pemangkasan Federal Funds Rate sebanyak 25 bps menjadi 4,75-5% dalam rapat Desember adalah 46,7%.

Emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas akan lebih menguntungkan saat suku bunga turun.

Analisis Teknikal

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas mantap menghuni zona bullish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 55,67. RSI di atas 50 menandakan suatu aset sedang dalam posisi bullish.

Namun perlu dicermati bahwa indikator Stochastic RSI sudah menyentuh 100. Paling tinggi, sudah sangat jenuh beli (overbought).

Oleh karena itu, harga emas kemungkinan akan terkoreksi. Target support terdekat adalah US$ 2.335/troy ons. Jika tertembus, maka US$ 2.330/troy ons bisa menjadi target selanjutnya.

Sedangkan target resisten terdekat adala US$ 2.367/troy ons. Penembusan di titik ini berpotensi membawa harga emas naik menuju S$ 2.374/troy ons.

(aji)

No more pages