Logo Bloomberg Technoz

Blusukan Gibran Disebut Tes Ombak Kaesang untuk Pilkada Jakarta

Mis Fransiska Dewi
04 July 2024 05:30

Cawapres no urut 02, Gibran Rakabuming Raka. (Dok: Bloomberg)
Cawapres no urut 02, Gibran Rakabuming Raka. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka tercatat beberapa kali melakukan blusukan atau kunjungan ke sejumlah wilayah di DKI Jakarta, dalam dua pekan terakhir. Wali Kota Solo ini diduga tengah membawa sejumlah kepentingan politik menjelang Pilkada Jakarta 2024. 

Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting, Aditya Perdana menilai, aksi blusukan Gibran di Jakarta merupakan skenario untuk endorse atau mempromosikan seseorang yang akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

Koalisi Indonesia maju, pengusung Prabowo Subianto dan Gibran di Pemilu 2024, memang belum memastikan sosok yang akan diajukan untuk kontestasi politik di Jakarta. Terutama untuk mengalahkan Anies Baswedan yang memiliki elektabilitas tinggi di ibu kota.

“Karena semua sedang mencari peluang melihat itu [Pilkada DKI Jakarta]. Belum kelihatan polanya tapi PJ Gubernur Heru lihat saja tanggal 17 Juli mendatang apakah dia akan mundur jika ingin mencalonkan gubernur Jakarta,” tutur Adit saat dihubungi, Rabu (3/7/2024). 

Pekan lalu, Gibran juga melakukan blusukan di Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara; dan Kali Semongol, Jakarta Barat. Pada kegiatan ini, dia nampak ditemani penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan sejumlah pejabat pemerintahan daerah.