Logo Bloomberg Technoz

Dalam laporan ADP, kenaikan 150.000 dalam penggajian swasta bulan lalu sebagian besar mencerminkan peningkatan dalam perolehan pekerjaan di sektor rekreasi dan perhotelan.

"Pertumbuhan pekerjaan telah solid, tetapi tidak berbasis luas," kata Nela Richardson, kepala ekonom di ADP, dalam sebuah pernyataan. "Jika bukan karena rebound dalam perekrutan di sektor rekreasi dan perhotelan, Juni akan menjadi bulan yang suram."

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada Selasa (2/7/2024) dalam sebuah panel di konferensi Bank Sentral Eropa bahwa telah terjadi pergerakan "substansial" menuju keseimbangan di pasar tenaga kerja antara penawaran dan permintaan tenaga kerja.

Pertumbuhan upah melambat untuk bulan ketiga di Juni untuk pekerja yang berganti pekerjaan menjadi 7,7% dari tahun lalu dalam data ADP, yang diterbitkan Rabu bekerja sama dengan Stanford Digital Economy Lab. Pekerja yang tetap bekerja mengalami kenaikan tahunan sebesar 4,9%, terkecil sejak pertengahan 2021.

Dua industri mengalami kehilangan pekerjaan bulan lalu, sumber daya alam dan pertambangan serta manufaktur, yang mengalami penurunan gaji untuk bulan kedua.

Sementara itu, klaim berkelanjutan untuk aplikasi pengangguran, proksi untuk jumlah orang yang menerima tunjangan, meningkat menjadi 1,86 juta dalam pekan yang berakhir 22 Juni, tertinggi sejak November 2021, menurut data Departemen Tenaga Kerja yang dirilis Rabu. Klaim pertama kali naik 4.000 menjadi 238.000 minggu lalu.

Apa yang dikatakan Bloomberg Economics

"Kenaikan klaim pengangguran awal merupakan hal yang biasa terjadi pada periode ini karena produsen mobil menutup pabrik untuk pemeliharaan dan mempersiapkan model baru. Namun, lonjakan klaim lanjutan menyoroti bagaimana para pekerja yang menganggur sudah merana. Dengan rasio lowongan pekerjaan dan pekerja yang menganggur sekarang kembali ke tingkat sebelum Covid-19--dan kemungkinan akan turun lebih jauh--risiko tingkat pengangguran cenderung meningkat."

-Eliza Winger, ekonom

Tingkat klaim pengangguran yang terus meningkat menunjukkan permintaan tenaga kerja yang lebih terbatas karena ekonomi melambat akibat biaya pinjaman yang lebih tinggi. Pada saat yang sama, jumlah pengajuan awal mengindikasikan peningkatan bertahap dalam pemutusan hubungan kerja.

Ada juga tanda-tanda yang tersebar bahwa perusahaan-perusahaan memangkas jumlah karyawan karena pemangkasan biaya dan kondisi ekonomi yang lebih lunak. Perusahaan-perusahaan yang berbasis di AS mengumumkan 48.786 pemutusan hubungan kerja di Juni, menurut Challenger, Gray & Christmas Inc. Tidak termasuk tahun 2020, puncak pandemi, jumlah tersebut merupakan jumlah pengumuman tertinggi untuk Juni sejak 2009.

Para pembuat kebijakan Fed akan mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang kondisi pasar tenaga kerja pada Jumat dengan rilis laporan ketenagakerjaan bulanan. Para ekonom mengantisipasi kenaikan 190.000 dalam penggajian non-pertanian, yang mencakup pekerjaan sektor swasta dan publik, turun dari bulan sebelumnya.

ADP mendasarkan temuannya pada data penggajian yang mencakup lebih dari 25 juta karyawan sektor swasta AS.

(bbn)

No more pages