Logo Bloomberg Technoz

Pasar Tenaga Kerja & Pertumbuhan Upah AS Melambat

News
03 July 2024 22:29

Pekerja di AS (Dok: Bloomberg)
Pekerja di AS (Dok: Bloomberg)

Jarrell Dillard - Bloomberg News

Bloomberg, Data tenaga kerja pada Rabu (3/7/2024) menambah bukti lebih lanjut bahwa pasar tenaga kerja melambat. Perusahaan-perusahaan AS mempekerjakan pekerja dengan laju yang lebih moderat pada Juni dan pertumbuhan upah menurun dalam data penggajian swasta dari ADP Research Institute.

Klaim berulang untuk tunjangan pengangguran naik selama sembilan minggu berturut-turut, rentang terpanjang sejak 2018 yang mengindikasikan semakin banyak orang yang mengalami kesulitan mencari pekerjaan baru.

Kedua laporan tersebut, yang muncul sebelum laporan ketenagakerjaan pemerintah pada Jumat, menunjukkan permintaan yang lebih lemah untuk pekerja. Sebuah indikator terpisah yang diterbitkan pada Rabu menunjukkan bahwa sektor jasa AS mengalami kontraksi bulan lalu dengan laju tercepat dalam empat tahun terakhir, tanda lain bahwa ekonomi kehilangan tenaga. 

Klaim pengangguran AS (Dok: Bloomberg)

Imbal hasil obligasi merosot dan saham-saham naik setelah angka-angka terbaru dari indeks komposit jasa Institute for Supply Management memperkuat alasan untuk penurunan suku bunga. Pasar akan ditutup lebih awal menjelang hari libur AS pada Kamis (4/7/2024).