Logo Bloomberg Technoz

PKS Ingatkan Prabowo: Makan Siang Gratis & IKN Tak Bisa Bersamaan

Azura Yumna Ramadani Purnama
03 July 2024 21:30

Ilustrasi makan siang gratis. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 
Ilustrasi makan siang gratis. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Komisi XI Fraksi PKS, Anis Byarwati menegaskan pemerintahan baru harus memilih akan menjalankan program Makan Bergizi Gratis (MBG) atau melanjutkan pembangunan Ibukota Nusantara (IKN).

Menurut dia, belanja pemerintah yang belum menjadi prioritas harus ditunda saat pendapatan negara menurun seperti yang terjadi saat ini. Terlebih, Presiden Terpilih Prabowo Subianto memiliki program prioritas yang dapat membebani fiskal Indonesia.

“Mana belanja pemerintah yang belum menjadi prioritas ditunda dulu. IKN itu bukan prioritas, apakah kita mau buru-buru pindahnya? Pembangunan IKN, apakah menjadi prioritas? Itu jadi catatan penting,” tutur Anis saat ditemui wartawan di Kompleks DPR RI, Rabu (3/7/2024).

Di sisi lain, Anis menegaskan bahwa program makan siang gratis memberikan beban berat kepada perekonomian ke depan. Pasalnya, menurut dia, kondisi perekonomian saat ini sudah terbilang buruk dengan terjadinya pelemahan daya beli masyarakat, yang tercermin dari inflasi inti bulan Juni 2024 yang menurun.

“Yang penting adalah jangan sampai daya beli masyarakat tambah anjlok, jadi kita jaga bersama, konsumsi rumah tangga harus dijaga. Jangan sampai ada kebijakan yang melemahkan daya beli masyarakat, subsidi itu harus tetap kita jaga,” ungkap Anis.