Logo Bloomberg Technoz

India Ungkap Kongkalikong Hindenburg dalam Laporan Skandal Adani

News
03 July 2024 18:18

Nama Perusahaan Adani Group (Dok Bloomberg)
Nama Perusahaan Adani Group (Dok Bloomberg)

Bhuma Shrivastava dan Bei Hu - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah serangan short-selling paling merusak di dunia telah terjadi dan melibatkan Grup Adani. Serangan ini melibatkan aktivis short-seller, pengelola dana lindung nilai di New York, perusahaan investasi yang berbasis di Mauritius, dan pialang dari sebuah bank besar di India

Polemik baru antara short seller--Hindenburg Research--dan regulator pasar India telah memunculkan sejumlah karakter menarik di balik laporan dan taruhan terkait terhadap saham Grup Adani yang menghapus sebanyak US$153 miliar nilai pasar tahun lalu.

Laporan dari Hindenburg membuat otoritas bursa di India (Securities and Exchange Board of India/SEBI), mendatangi perusahaan riset AS tersebut untuk mencari jawaban mengenai laporannya yang  dinilai "menyesatkan".

Ketika mengunggah sebuah bantahan di situs resminya pada Senin (1/7/2024), Hindenburg menambahkan sebuah tautan ke "show cause notice" dari SEBI--sebuah surat setebal 46 halaman yang merinci isi dari sebuah transaksi terencana yang mengguncang pasar-pasar modal India selama berbulan-bulan.