Logo Bloomberg Technoz

PDIP Akan Usung Andika Perkasa Vs Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng

Mis Fransiska Dewi
03 July 2024 16:10

Andika Perkasa (Instagram @jenderaltniandikaperkasa)
Andika Perkasa (Instagram @jenderaltniandikaperkasa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan sinyal untuk mengusung mantan Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Andika Perkasa sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Tengah. Keputusan diambil usai partai tersebut mendeteksi sejumlah partai politik berencana mengusung Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Ahmad Luthfi sebagai cagub di wilayah tersebut.

"Pak Kapolda sudah mau maju, tentunya Pak Luthfi ya. Nah kalau Pak Andika mau maju, paling enggak memberi rasa aman di antara para kader [PDIP] se-Jawa Tengah," kata Wakil Sekretaris Jenderal (PDIP) Utut Adianto di Kompleks DPR, Rabu (3/7/2024).

Hal ini disampaikan sekaligus membantah sejumlah rumor tentang rencana PDIP menyandingkan Andika dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta. Menurut Utut, sebagai mantan pemimpin tertinggi TNI, Andika tak elok maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

Di Jawa Tengah, dia juga mengatakan, PDIP memang memiliki banyak opsi kader internalnya yang bisa diajukan sebagai cagub atau cawagub. Beberapa di antaranya adalah Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul; serta mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Meski demikian, kata Utut, para kader PDIP di Jateng akan merasa lebih yakin apabila yang kontestasi politik di Jawa Tengah akan mempertemukan dua mantan pimpinan institusi negara; kepolisian dan TNI.