Logo Bloomberg Technoz

Hyundai Kona Electric Resmi Diproduksi di RI, Pakai Baterai Lokal

Dovana Hasiana
03 July 2024 14:00

Hyundai Kona Electric di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Hyundai Kona Electric di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Hyundai Motor Company mengumumkan bahwa Kona Electric resmi diproduksi di Indonesia dan menggunakan baterai produksi di dalam negeri pada hari ini, Rabu (3/7/2024).

Adapun, baterai tersebut merupakan produksi pabrik sel baterai hasil kerja sama antara Hyundai dengan LG Energy Solution yang membentuk konsorsium PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Executive Chairman Hyundai Motor group Euisun Chung dalam agenda peresmian pabrik dan ekosistem baterai untuk kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dari konsorsium asal Korea Selatan, yakni HLI Green Power.

“Hari ini, kita berkumpul untuk merayakan produksi terbaru Kona Electric di sini. Saya sangat bangga bahwa Kona Electric buatan Indonesia ini juga ditenagai dengan baterai yang diproduksi di Indonesia sebagai kerja sama usaha antara Hyundai Motor Group dan LG Energy Solutions. Penyelesaian pabrik sel baterai di Indonesia memberikan kebanggaan besar bagi kita semua,” ujar Chung dalam agenda peresmian yang disiarkan secara virtual, Rabu (3/7/2024). 

Mobil Hyundai Kona Electric. (dok hyundai.com/id)

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa jumlah Kona Electric yang diproduksi di Indonesia adalah 50.000 unit per tahun.