Logo Bloomberg Technoz

China & Filipina Sepakat Redakan Ketegangan di Laut China Selatan

News
03 July 2024 14:30

Kapal Patroli China di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)
Kapal Patroli China di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)

Cliff Venzon dan Andreo Calonzo - Bloomberg News

Bloomberg, Diplomat China dan Filipina sepakat untuk meredakan ketegangan di Laut China Selatan (LCS). Namun, mereka tetap bersikukuh dengan klaim masing-masing negara dalam sebuah pertemuan yang terjadi setelah salah satu bentrokan maritim yang paling serius.

Wakil Menteri Luar Negeri China Chen Xiaodong dan Wakil Menteri Luar Negeri Filipina Ma Theresa Lazaro melakukan diskusi yang "jujur dan konstruktif" dalam pertemuan bilateral reguler mengenai Laut China Selatan di Manila pada Selasa (2/7/2024), menurut Departemen Luar Negeri Filipina. Pertemuan serupa di antara para diplomat senior diadakan di Shanghai pada Januari.

Kedua belah pihak "menegaskan komitmen mereka untuk meredakan ketegangan tanpa mengurangi posisi masing-masing" dan juga "mengakui bahwa ada kebutuhan untuk memulihkan kepercayaan," menurut pernyataan Manila.

Pernyataan tersebut mencatat "kemajuan substansial" dalam langkah-langkah untuk mengelola situasi di laut sambil mengatakan bahwa "perbedaan yang signifikan" dengan Beijing masih ada.