Logo Bloomberg Technoz

Konsentrasi ini menandakan bahwa beberapa transaksi AI yang besar mempengaruhi hasil, termasuk US$1,1 miliar yang dikumpulkan oleh perusahaan komputasi awan AI CoreWeave dan US$6 miliar yang dikumpulkan oleh xAI milik Elon Musk. 

xAI

Gambaran pengeluaran ini sebagian mencerminkan lingkungan penggalangan dana yang lemah. VC asal AS mengumpulkan US$37,4 miliar di 255 dana di paruh pertama tahun ini, meningkat dari US$33,3 miliar yang dikumpulkan di 233 dana setahun sebelumnya. 

Meski demikian, sejumlah besar dana tersebut masuk ke beberapa pemain besar —dari total dana terakhir, Andreessen Horowitz mengumpulkan lebih dari US$7 miliar, dan Norwest Venture Partners dan TCV masing-masing mengumpulkan US$3 miliar.

“Dana miliaran dolar telah terkumpul, tetapi berpotensi mengorbankan manajer yang lebih kecil dan baru,” tulis analis PitchBook.

Exit, yang berarti startup yang diakuisisi atau go public, mencapai US$23,6 miliar untuk kuartal ini. Jumlah tersebut, merupakan terbesar dalam dua tahun terakhir. Sebuah cermin peningkatan hampir US$2 miliar dari kuartal pertama, dan lebih dari tiga kali lipat dari kuartal sebelumnya.

Total pendanaan pemodal ventura asal AS naik.

Secara global, transaksi juga mengalami tren kenaikan, lagi-lagi didorong oleh beberapa transaksi besar.

Aktivitas global mencapai US$94,3 miliar pada kuartal ini, naik hampir 11% dibandingkan kuartal sebelumnya. Perusahaan VC sendiri mengumpulkan US$80,5 miliar di 632 funds.

(bbn)

No more pages