Logo Bloomberg Technoz

Respons KPK Soal Seleksi Capim Pimpinan dan Dewas Sepi Peminat

Muhammad Fikri
03 July 2024 13:30

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan (Boomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan (Boomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Panitia Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) diterpa isu sepi peminat. Berdasarkan informasi, hingga awal Juli 2024, baru ada 10 nama yang mendaftar jadi calon pimpinan KPK dan 16 nama sebagai calon pimpinan Dewan Pengawas atau Dewas KPK.

Padahal, masa pendaftaran tersebut hanya akan berlangsung selama 20 hari atau kurang dari dua pekan sebelum ditutup pada 15 Juli mendatang.

"Kita tunggu dua minggu lagi. Tapi buat saya pribadi, banyak juga bukan hebat, dikit juga bukan aib. Yang penting kualitasnya baik dan pansel siap berkeringat untuk mereview sebanyak mungkin,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (3/7/2024).

Menurut dia, keberhasilan pansel juga tak bisa diukur dari jumlah calon yang mendaftar. Namun, bagaimana seleksi bisa menghasilkan sosok-sosok yang memang berkualitas untuk memimpin lembaga antirasuah tersebut.

Selain itu, Pahala mengatakan, jumlah peserta yang terbatas justru akan mempermudah pansel dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya, kata dia, penelusuran rekam jejak hingga assesment kualitas para calon.