Logo Bloomberg Technoz

Penjelasan tentang jet lag muncul setelah para penasihat Biden sebelumnya menganggap penampilannya yang buruk saat debat akibat dari flu. Dia masih berjuang melawan penyakit tersebut tetapi tidak meminum obat sebelum debatnya dengan Trump, kata Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada wartawan pada Selasa.

Penampilan Biden yang buruk memicu kecemasan di kalangan Partai Demokrat, meningkatkan kekhawatiran tentang kebugarannya dan membuat anggota partai secara terbuka meminta dia untuk mundur. Untuk mengatasi hal itu, Biden minggu ini berencana bertemu dengan gubernur dan anggota parlemen Demokrat, melakukan perjalanan ke dua negara bagian medan pertempuran dan melakukan wawancara televisi pertamanya dalam upaya meyakinkan para pendukung yang gelisah.

Bahaya yang dihadapi Biden saat dia melanjutkan kampanye pemilihannya semakin meningkat pada Selasa, ketika Lloyd Doggett dari Texas menjadi anggota Partai Demokrat pertama di Dewan Perwakilan AS yang meminta dia keluar dari pencalonan. Sementara jajak pendapat baru menunjukkan dukungan presiden AS tersebut semakin menurun.

Masalah presiden semakin diperburuk oleh laporan di New York Times yang mengutip pejabat AS dan asing yang menyatakan keprihatinan atas serangkaian insiden di mana dia tampak mengalami kesulitan.

Pertemuan Biden pada Rabu (03/07/2024) dengan para gubernur diperkirakan akan dilakukan secara virtual, dengan banyak yang bergabung melalui panggilan video, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. Namun, seorang juru bicara Gubernur Minnesota Tim Walz, ketua Asosiasi Gubernur Demokrat, mengatakan dia akan berada di Gedung Putih. Gubernur California Gavin Newsom juga akan hadir, menurut Sacramento Bee.

Pembawa berita ABC News George Stephanopoulos akan mewawancarai Biden pada Jumat.

Biden berencana melakukan perjalanan pada Jumat ke Wisconsin dan ke Philadelphia pada Minggu, kemudian mengadakan konferensi pers minggu depan di KTT NATO di Washington, kata Jean-Pierre pada Selasa. Presiden juga diperkirakan berbicara dengan para pemimpin di Capitol Hill, katanya.

“Kami akan membuka lembaran baru. Kami akan pergi ke seluruh negeri. Rakyat Amerika akan melihatnya sendiri,” kata Jean-Pierre kepada wartawan.

Kepala Staf Gedung Putih Jeff Zients juga akan mengadakan pertemuan semua pegawai pada Rabu, dan diperkirakan akan menekankan pentingnya melanjutkan misi pemerintahan, menurut orang-orang yang mengetahui rencana tersebut. Pertemuan, yang dijadwalkan pukul 12:30 waktu setempat, dijadwalkan berlangsung selama 15 menit.

Presiden AS Joe Biden dan Ex-Presiden AS Donald Trump saat debat presiden pertama di Atlanta, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Ketakutan Partai Demokrat

Upaya ini dimaksudkan untuk melawan ketidakpuasan yang berkembang di kalangan penyumbang utama Partai Demokrat, para ajudannya, dan pejabat terpilih atas apa yang terjadi saat debat, yang telah memperdalam ketakutan mereka bahwa Trump akan kembali ke Gedung Putih.

Sebanyak 75% pemilih AS mengatakan Partai Demokrat akan memiliki peluang lebih baik untuk mempertahankan kendali di Gedung Putih jika ada orang lain yang menjadi kandidat, menurut jajak pendapat CNN yang dirilis pada Selasa. Biden menunjukkan hasil yang lebih buruk dalam pertandingan head-to-head dibandingkan dengan tokoh Demokrat terkemuka lainnya — termasuk gubernur seperti Gavin Newsom dari California dan Gretchen Whitmer dari Michigan — yang diperkirakan akan hadir dalam pertemuan tersebut pada Rabu.

Puck, sebuah situs berita, juga menerbitkan memo yang bocor dari seorang peneliti untuk komite aksi politik Partai Demokrat terkemuka, yang menemukan bahwa angka popularitas Biden merosot setelah debat dalam "penurunan terbesar dalam seminggu" selama hampir tiga tahun.

Tokoh-tokoh Partai Demokrat terkemuka mulai bertanya-tanya tentang kondisi mental presiden.

“Adalah sebuah pertanyaan yang sah untuk mengatakan, apakah ini sebuah insiden atau sebuah kondisi?” kata mantan Ketua DPR Nancy Pelosi pada hari Selasa di MSNBC. “Jadi ketika orang menanyakan pertanyaan itu, itu sah, untuk kedua kandidat.”

Pertemuan para gubernur, yang dilaporkan sebelumnya oleh CBS News, adalah kesempatan bagi Biden untuk meyakinkan mereka bahwa dia harus tetap menjadi pengusung standar partai karena beberapa pihak secara pribadi menyimpan kekhawatiran tentang kelangsungan hidup Biden. Whitmer mengatakan pada Senin bahwa dia mendukung presiden, menolak anggapan bahwa ada ketegangan antara timnya dan Biden.

Terlepas dari kekhawatiran tentang pencalonan Biden di banyak sudut Partai Demokrat, tidak ada anggota parlemen, gubernur, atau pejabat kabinet terkemuka yang secara terbuka mengatakan presiden harus mengakhiri kampanyenya. Newsom dan Gubernur Illinois JB Pritzker juga mengeluarkan pernyataan yang mendukung Biden.

'Terlalu Banyak yang Dipertaruhkan'

Berita tentang pertemuan dengan Biden muncul sehari setelah para gubernur Demokrat mengadakan pembicaraan mereka sendiri, di mana beberapa menyatakan keprihatinan tentang presiden dan mengatakan mereka ingin berbicara dengannya, demikian CNN melaporkan. Tim Biden menghubungi para gubernur dan staf mereka tentang pertemuan hari Senin, menurut seorang pejabat Demokrat.

Wakil Presiden Kamala Harris juga berencana makan siang dengan Biden pada Rabu, menurut seorang pejabat Gedung Putih. Keduanya telah makan siang bersama secara teratur, tetapi kali ini datang pada saat dia juga disebut-sebut sebagai calon pengganti potensial untuk Biden.

Namun, Biden menerima kabar yang tidak diinginkan pada Selasa ketika Doggett merilis pernyataannya. “Terlalu banyak yang dipertaruhkan untuk mempertaruhkan kemenangan Trump,” kata Doggett.

Presiden dan timnya telah berupaya mengalihkan fokus publik dari kondisi mentalnya ke perilaku Trump setelah keputusan Mahkamah Agung bahwa mantan presiden kebal dari tuntutan pidana. Argumen itu mewakili jalan sempit Biden menuju kemenangan, tetapi sejauh ini argumennya gagal di hadapan para pemilih.

Presiden dalam pidato Senin di Gedung Putih meminta para pemilih untuk “membuat penilaian” tentang apakah keterlibatan calon dari Partai Republik dalam penyerangan yang dilakukan para pendukungnya di Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021 membuatnya “tidak layak untuk memegang jabatan publik.”

Permainan Menyalahkan

Tim Biden juga mengumumkan perolehan dana sebesar US$127 juta pada bulan Juni untuk melawan kecemasan pasca debat. Jumlah tersebut US$15 juta lebih banyak dari yang dikumpulkan Trump bulan lalu, meskipun Partai Republik sekarang memiliki keuntungan berupa uang tunai. Pejabat tim kampanye, termasuk ketua Jennifer O'Malley Dillon, pada Senin mengadakan sesi tanya jawab dengan para penyumbang yang dimaksudkan untuk meyakinkan mereka bahwa Biden memiliki jalan menuju kemenangan, menurut orang-orang yang mengetahui panggilan tersebut.

Setelah mengakui debat itu berjalan buruk, tim kampanye Biden menyerang tokoh-tokoh partai dan media yang telah memintanya untuk mundur dari pencalonan pilpres 2024, menyebut mereka sebagai “pengecut yang tidak setia.”

Anggota keluarga dan para donor Biden juga menyalahkan lingkaran penasihat dekat presiden atas bencana Kamis lalu melawan Trump. Namun, penolakan Biden untuk mempertimbangkan perombakan kampanye telah menimbulkan guncangan di kalangan Partai Demokrat yang menyerukan koreksi arah.

Menurut sumber, Komite Nasional Partai Demokrat mempertimbangkan untuk mencalonkan Biden secara resmi paling cepat pada pertengahan Juli. Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa Biden masuk dalam surat suara di 50 negara bagian pada November ini, tetapi juga bisa membantu menghentikan pembicaraan tentang penggantinya. Kemungkinan tanggal pencalonan Biden adalah 21 Juli ketika panel partai utama dijadwalkan bertemu secara virtual, kata orang-orang tersebut.

(bbn)

No more pages