Logo Bloomberg Technoz

Biden Sebut Jet Lag Jadi Penyebab Penampilan Buruk saat Debat

News
03 July 2024 12:30

Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden saat debat presiden pertama di Atlanta, Georgia, AS, Kamis (27/6/2024). (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Jennifer Jacobs, Akayla Gardner dan Justin Sink - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden menyalahkan rencana perjalannya ke Prancis dan Italia beberapa pekan menjelang debat melawan Donald Trump, atas penampilannya yang buruk di atas panggung. Dia mencoba menjelaskan momen yang telah mengacaukan pencalonannya dan membahayakan prospek pemilihannya kembali sebagai presiden AS.

"Saya tidak menunjukkan malam terbaik saya, tetapi faktanya Anda tahu. Saya tidak terlalu pintar. Saya memutuskan untuk berkeliling dunia beberapa kali, melewati sekitar 100 zona waktu. Sebenarnya, menurut saya sekitar 15 zona waktu," kata Biden kepada para penyumbang Partai Demokrat di acara penggalangan dana di Virginia pada Selasa (02/07/2024).

“Saya tidak mendengarkan staf saya dan kembali, hampir tertidur di atas panggung. Itu bukan alasan tapi itu penjelasan,” kata Biden, menyampaikan beberapa pernyataan yang paling panjang tentang kondisinya selama debat pertama dengan Trump dalam siklus pemilu ini.

Biden pada Juni pergi ke Prancis untuk peringatan 80 tahun pendaratan D-Day dan makan malam kenegaraan. Dia kembali ke Eropa beberapa hari kemudian untuk pertemuan dengan para pemimpin negara-negara G-7, yang diikuti oleh perjalanan ke Los Angeles untuk acara penggalangan dana dengan para selebriti. Sebelum pertemuannya dengan Trump di Atlanta, Biden menghabiskan lebih dari seminggu di luar sorotan publik, mengunjungi rumah peristirahatannya di Delaware dan mempersiapkan debat di Camp David.