Logo Bloomberg Technoz

Jalin Koalisi dengan PDIP, PKB Minta PKS Sabar di Pilkada Jakarta

Mis Fransiska Dewi
03 July 2024 11:40

Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku masih menjalin komunikasi dengan sejumlah partai untuk koalisi Pilkada Jakarta. Mereka mengklaim baru memastikan akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Meski demikian, PKB rekan koalisinya tersebut bersabar dalam rencana politik pada Pilkada DKI Jakarta. Hal ini merujuk pada keputusan PKS yang secara tiba-tiba mengusung pasangan calon Anies Baswedan-Sohibul Iman.

“Maka sampai detik ini belum selesai nanti kita lihat dinamikanya ke depan termasuk kepada teman-teman PKS bersabar dulu lah untuk kemudian duduk bareng-bareng gitu bersama partai yang lain supaya enggak ngunci dua partai saja,” kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid dikutip dari rekaman konferensi pers, Selasa (2/7/2024).

Menurut dia, PKB memang berpotensi mengusung mantan calon presiden pada Pemilu 2024, Anies Baswedan. Hal ini kemudian diterjemahkan PKS sebagai jatah PKB yaitu kursi calon gubernur.

PKS kemudian berinisiatif memiliki calon wakil gubernur. Kali ini mereka memilih salah satu dari kadernya yaitu Sohibul Iman.