Logo Bloomberg Technoz

Langkah Menkes Budi untuk Turunkan Harga Obat RI

Dinda Decembria
03 July 2024 11:10

Menkes Budi Sadikin. (Sumber: Dinda Decembria/Bloomberg Technoz)
Menkes Budi Sadikin. (Sumber: Dinda Decembria/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo agar menurunkan harga alat kesehatan dan obat-obatan di Indonesia dengan industri di dalam negeri.

Tugas tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam rapat di Istana Kepresidenan per kemarin, Selasa (2/7). Menkes pun membeberkan langkahnya dalam tugasnya itu.

Yang pertama, kata Menkes Budi yaitu mengevaluasi dari sisi jalur perdagangannya. "Kita itu masih ada inefisiensi, tata kelolanya juga musti dibikin lebih transparan dan terbuka sehingga tidak ada peningkatan harga yang unreasonable deh, atau unnecessary dalam proses pembelian alkes dan obat-obatan," ujarnya kepada wartawan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Langkah kedua, Menkes Budi bicara mengenai perpajakannya. Ia mengatakan pesan dari Menteri Keuangan Sri mulyani, perpajakannya diupayakan bisa dibikin lebih efisien, lebih sederhana tapi tanpa juga mengganggu pendapatan pemerintah.

"Karena kan cash flow-nya kan penting juga bagi pemerintah untuk dijaga. Kenapa perpajakan ini penting karena ada isu jeda waktu dan bunga di Indonesia kan masih relatif lebih tinggi ya. Jadi, klo misalnya masalah cash flow-nya itu tertunda 3 bulan, 6 bulan itu kan cost-nya bisa 5% bahkan sampe 8% dalam setahunan bunga kita kan beban bunganya masih sekitar 8-10%. Itu juga yang tadi dibicarakan," tambahnya.