Logo Bloomberg Technoz

Investasi Smelter Bauksit Sepi, ESDM Tak Kaji Relaksasi Ekspor

Dovana Hasiana
03 July 2024 10:40

Fasilitas pencucian bauksit atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman
Fasilitas pencucian bauksit atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan pemerintah belum akan membuka opsi relaksasi ekspor bijih bauksit yang telah dicuci (washed bauxite), setelah sebelumnya dilarang sejak 2023.

Namun, Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Ditjen Minerba Kementerian ESDM Siti Sumilah Rita Susilawati mengatakan pemerintah bakal terus berupaya untuk meningkatkan minat investasi pertambangan bauksit di sektor hilir khususnya pembangunan smelter, baik yang terintegrasi ataupun berdiri sendiri (standalone).

“[Hal ini dilakukan] dengan mengkaji insentif-insentif baik fiskal dan nonfiskal yang dapat diberikan sehingga bauksit dapat ditingkatkan nilai tambahnya di dalam negeri,” ujar Rita kepada Bloomberg Technoz, dikutip Rabu (3/7/2024).

Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum Energi Pertambangan (Pushep) Bisman Bakhtiar menilai pemerintah bisa menerapkan relaksasi ekspor bijih bauksit yang telah dicuci demi mendorong pengembangan pabrik pemurnian atau smelter mineral logam tersebut di dalam negeri.

Bisman mengatakan kebijakan relaksasi dapat berkaca dengan apa yang diberikan kepada PT Freeport Indonesia (PTFI) sebelumnya dalam membangun smelter katoda tembaga di Manyar, Gresik, Jawa Timur yang diresmikan pada pekan lalu.