Logo Bloomberg Technoz

4 Langkah Penanganan dan Pencegahan Hepatitis Pada Anak

Dinda Decembria
03 July 2024 09:40

Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato)
Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hepatitis adalah suatu peradangan hati dan biasanya disebabkan oleh berbagai virus. Orang dewasa dan anak pun bisa terkena penyakit ini.

Dokter Spesialis anak Subspesialis Gastroentero Hepatologi IDAI, Dr Ade Rachmat Yudiyanto, MKef (Ped) Sp.A (K) menjelaskah ada empat langkah penanganan dan pencegahan hepatitis pada anak. Yang patut pertama dilakukan langkah waspada pada gejala awal hepatitis.

"Gejala awal bisa demam, diare mual, muntah sakit perut. Gejala awal saya yakin ayah bunda, kadang bawa ke bidan bisa, tenaga kesehatan bisa. Yang jelas ketika ada langkah. Kemudian langkah kedua, jika muncul gejala jangan panik. Bawa ke puskesmas dan RS untuk mendapatkan pertolongan pertama," ujarnya dalam seminar virtual IDAI.

Kemudian langkah ketiga, jangan menunggu muncul gejala lanjutan seperti kulit dan mata kuning agar tidak terlambat yang berpotensi gagal hati bisa menurunkan kesadaran. Jika terjadi penurunan kesadaran, segera bawa pasien ke rumah sakit.

"Jika sudah terjadi penurunan kesadaran ini sudah memprihatinkan, berat sekali, konsekuensi bisa cangkok hati," tambahnya.