Logo Bloomberg Technoz

Tunggu Koalisi, PKB Yakin Usung Yusuf Chudlori di Pilkada Jateng

Mis Fransiska Dewi
03 July 2024 10:10

Politikus PKB Jazilul Fawaid (kiri). (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Politikus PKB Jazilul Fawaid (kiri). (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) optimis bisa mengusung kadernya sendiri pada Pilkada Jawa Tengah. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid menilai, salah satu kadernya memiliki popularitas dan elektabilitas cukup tinggi di wilayah Jawa Tengah.

Sosok tersebut adalah Ketua DPW PKB Jawa Tengah (Jateng), Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf. Menurut Jazilul, kadernya tersebut bisa saja maju sebagai calon gubernur atau pun calon wakil gubernur. Hal ini tergantung pada keputusan koalisi yang akan tersebut.

"Ya Gus Yusuf memang di dorong oleh PKB untuk maju di Pilgub Jawa Tengah, tapi apakah jadi gubernur? apakah jadi wakil gubernur? itu pasti akan diputuskan bersama partai koalisi," kata Jazilul Fawaid di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Meski demikian, menurut dia, belum ada partai politik lain yang berniat meminang Gus Yusuf sebagai cagub atau cawagub. Hal ini bukan karena sosok Yusuf yang kurang populet; akan tetapi memang belum ada koalisi yang pasti di Pilkada Jawa Tengah.

Nama Yusuf muncul seiring dengan isu pengusungan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sudaryono ke Pilkada Jawa Tengah. Kabarnya, Gerindra dan PKB akan menyandingkan Sudaryono-Yusuf Chuldori sebagai pasangan calon.