Logo Bloomberg Technoz

Timnas Belanda melaju ke babak 8 besar usai menumbangkan Rumania dengan skor 3-0. De Oranje akhirnya menunjukkan dominasinya usai terseok pada babak grup. 

Mereka sempat hampir tak lolos fase knockout karena hanya duduk di posisi ke-3 Grup D dengan catatan 1 menang, 1 seri, dan 1 kalah. Beruntung, mereka kemudian lolos dengan tiket sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Tiga tim lainnya juga lolos ke babak perempat final melalui laga yang baik yaitu Timnas Spanyol yang menumbangkan Georgia dengan skor 4-1; dan tuan rumah Jerman yang mengalahkan Denmark dengan skor 2-0.

Selain itu, timnas Swiss juga secara mengejutkan mengalahkan Italia dengan skor 2-0. Padahal, Italia datang pada ajang ini sebagai juara bertahan atau pemenang Euro 2020.

Timnas Prancis lolos melalui laga sengit melawan Belgia dengan hasil tipis 1-0. Pertandingan ini memperpanjang dominasi Prancis terhadap tetangganya. The Red Devils tercatat belum pernah menang lawan Les Blues pada kompetisi resmi sejak 43 tahun lalu.

Dua tim lainnya lolos usai melakoni laga yang dramatis. Timnas Inggris nyaris tumbang lawan Slovakia. The Three Lions sempat tertinggal 0-1 hingga nyaris pertandingan selesai.

Beruntung, Jude Bellingham mencetak gol di menit akhir atau menit ke-90+5. Kemudian mereka meraih kemenangan, usai Harry Kane mencetak satu gol lagi pada babak tambahan sehingga menang 2-1. 

Demikian pula Portugal yang bisa saja pulang lebih cepat saat melawan Slovenia. Mereka harus menjalankan laga normal dan perpanjangan waktu dengan skor 0-0. Portugal lolos usai kiper Diogo Costa mampu menggagalkan 3 tendangan pada babak adu penalti.

Daftar dan Laga Perempat Final Euro 2024

Spanyol vs Jerman (pukul 23.00 WIB - Jumat, 5 Juli 2024)

Portugal vs Prancis (pukul 02.00 WIB - Sabtu, 6 Juli 2024)

Inggris vs Swiss (pukul 23.00 WIB - Sabtu, 6 Juli 2024)

Belanda vs Turki (pukul 02.00 WIB - Ahad, 7 Juli 2024)

(red/frg)

No more pages