Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Melesat Didorong Penurunan Stok AS

News
03 July 2024 07:50

Minyak (Dok: Bloomberg)
Minyak (Dok: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak mentah naik dan diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam dua bulan terakhir, didorong oleh tanda-tanda penurunan signifikan dalam persediaan minyak mentah AS.

Minyak West Texas Intermediate (WTI) naik di atas US$83 per barel setelah penurunan moderat pada hari Selasa. Minyak Brent ditutup di atas US$86.

American Petroleum Institute (API) melaporkan bahwa persediaan minyak mentah menyusut 9,2 juta barel minggu lalu, menurut sumber yang mengetahui data tersebut. Jika dikonfirmasi dalam angka resmi pada Rabu (03/07/2024), ini akan menjadi penurunan terbesar dalam jumlah barel sejak Januari.

Harga minyak mentah secara keseluruhan tetap jauh lebih tinggi tahun ini. Kontrak berjangka minyak terbantu oleh sentimen "risk-on" yang lebih luas di pasar ekuitas, di mana indeks acuan AS S&P 500 mencapai rekor demi rekor. Kecemasan terhadap potensi musim badai yang aktif juga turut mendukung kenaikan harga. Pasar opsi mencerminkan optimisme tersebut, dengan opsi beli (call option) sekali lagi memiliki premi yang langka dibandingkan dengan opsi jual (put option).