Logo Bloomberg Technoz

Pacu AI, Emisi Karbon Google Meningkat 48% Selama Lima Tahun

News
03 July 2024 07:00

Google.
Google.

Rachel Metz - Bloomberg News

Bloomberg, Emisi karbon Google meningkat hampir setengahnya dalam lima tahun, karena perusahaan tersebut telah menanamkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence di berbagai produk intinya. Hal ini membuat Googlesemakin sulit untuk mencapai target penurunan emisinya pada 2030.

Berdasarkan laporan tahunan Google, Unit Alphabet Inc mencatat emisi gas rumah kaca yang dihasilkannya mencapai 14,3 juta metrik ton karbon dioksida sepanjang 2023. Jumlah ini 48% lebih tinggi dibandingkan tahun 2019, dan 13% lebih tinggi dibandingkan 2022. 

Google pun mengakui, konsumsi energi yang lebih tinggi pada pusat datanya dan emisi dari rantai pasokan menjadi penyebab semakin tingginya emisi. Perusahaan raksasa ini sendiri menilai penambahan AI pada produknya memang dapat mempersulit upaya pengurangan emisi di masa mendatang.

"Ketika kami semakin mengintegrasikan AI ke dalam produk kami, mengurangi emisi mungkin akan menjadi tantangan karena meningkatnya kebutuhan energi dari intensitas komputasi AI yang lebih besar, dan emisi yang terkait dengan peningkatan yang diharapkan dalam investasi infrastruktur teknis kami," tulis Google dalam laporan tersebut.