Logo Bloomberg Technoz

Sangat Padat, Festival Agama di India Utara Tewaskan 116 Orang

News
03 July 2024 06:02

Umat Hindu India mengunjungi kuil Ram setelah peresmiannya di Ayodhya, Uttar Pradesh, India, Selasa (23/1/2024). (Prakash Singh/Bloomberg)
Umat Hindu India mengunjungi kuil Ram setelah peresmiannya di Ayodhya, Uttar Pradesh, India, Selasa (23/1/2024). (Prakash Singh/Bloomberg)

Eltaf Najafizada dan Shruti Srivastava - Bloomberg News

Bloomberg, Pejabat pemerintah India mengungkap, sekitar 116 orang tewas dalam kepadatan sebuah acara keagamaan yang penuh sesak di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, Selasa (3/7/2024). 

Kepala Sekretaris Uttar Pradesh mengatakan, beberapa korban terakhir yang dievakuasi adalah tujuh anak-anak dan seorang pria. Sementara sebagian besar korban lain yang sudah dievakuasi adalah jemaat wanita dan anak-anak. Saat ini pemerintah mengklaim telah melakukan identifikasi pada 72 jenazah korban di di desa Pulrai, distrik Hathras. 

Selain korban meninggal, insiden tersebut juga menyebabkan beberapa orang mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Kepala Menteri Uttar Pradesh, Yogi Adityanath mengatakan telah memerintahkan para pejabat distrik tersebut untuk mempercepat penanganan dan pemberian bantuan kepada para korban. Secara paralel, dia pun meminta aparat hukum melakukan penyelidikan terhadap festival keagamaan yang sangat padat tersebut.