Logo Bloomberg Technoz

ECB Tak Butuh Inflasi Jasa di Level 2% untuk Turunkan Suku Bunga

News
02 July 2024 21:33

Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)

Alexander Weber dan Mark Schroers - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde menyatakan ECB tidak membutuhkan inflasi jasa--fokus utama saat para pembuat kebijakan menentukan berapa banyak penurunan suku bunga--untuk melambat ke target 2%.

"Jelas, kita tidak perlu memiliki jasa di 2% karena barang manufaktur di bawah 2% dan pada akhirnya akan menjadi keseimbangan antara barang dan jasa," katanya dalam sebuah panel pada Selasa (2/7/2024) di Sintra, Portugal.

"Namun, kita harus melihat apa yang ada di baliknya," ujarnya. "Dan apa yang ada di baliknya adalah upah. Jasa memiliki komponen tenaga kerja yang sangat tinggi. Upah juga mengalami dampak keterlambatan dari sistem tenaga kerja yang kita miliki di Eropa."

Sementara inflasi zona euro sedikit menurun di Juni menjadi 2,5%, menurut data yang diterbitkan Selasa sebelumnya, jasa-jasa bertahan stabil di 4,1%. Tekanan harga tersebut membuat banyak pejabat ECB berhati-hati untuk menjanjikan lebih banyak penurunan suku bunga, menyusul penurunan awal mereka bulan lalu.