Logo Bloomberg Technoz

The Fed: Inflasi Turun, Tapi Belum Waktunya Turunkan Suku Bunga

News
02 July 2024 21:17

Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan data ekonomi terbaru menunjukkan inflasi kembali ke jalur penurunan. Namun, ia menambahkan bahwa para pejabat ingin melihat lebih banyak data sebelum menurunkan suku bunga.

"Karena ekonomi AS kuat dan pasar tenaga kerja kuat, kami memiliki kemampuan untuk meluangkan waktu dan melakukan hal ini dengan benar," kata Powell dalam sebuah panel pada Selasa (2/7/2024) di Forum Bank Sentral Eropa tentang Perbankan Sentral di Sintra, Portugal. "Dan itulah yang kami rencanakan untuk dilakukan."

Gubernur Fed, yang duduk di samping Gubernur ECB Christine Lagarde dan gubernur bank sentral Brasil Roberto Campos Neto, menolak untuk memberikan panduan khusus tentang waktu untuk penurunan suku bunga pertama selama panel tersebut.

Para gubernur bank sentral AS telah mempertahankan suku bunga kebijakan mereka pada kisaran target 5,25% hingga 5,5%--level tertinggi selama lebih dari dua dekade--sejak Juli lalu. Para pejabat telah mengatakan bahwa mereka menunggu keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi berada di jalur yang berkelanjutan untuk kembali ke target 2%.