Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Bikin Satgas PPDB Ciduk Pelaku Jual Beli Kursi Sekolah

Mis Fransiska Dewi
02 July 2024 18:10

Menko PMK Muhadjir Effendy. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan pemerintah akan membentuk satuan tugas (Satgas) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk mengurangi kecurangan yang kerap terjadi dalam sistem PPDB. 

“[Satgas PPDB]  ini sedang kita usulkan, kemarin saya sudah menghadap Bapak Presiden [Jokowi] dan sekarang dalam proses. Semoga mendapatkan persetujuan,” kata Muhadjir usai rapat dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Selasa (2/7/2024). 

Mantan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI periode 2016-2019 itu menekankan PPDB, meski penting, bukanlah sesuatu yang tidak bisa diubah jika ditemukan ketidaksesuaian dalam pelaksanaannya.

“Sebetulnya PPDB ini kan juga bukan rukun Islam. Jadi seandainya dianggap tidak sesuai silakan saja diganti nggak ada masalah,” tutur Muhadjir. 

Menurut Muhadjir, Satgas PPDB sangat diperlukan untuk mengendalikan proses penerimaan siswa baru agar lebih transparan dan adil.