Logo Bloomberg Technoz

Tanggapan Menkes Budi soal Dekan FK Unair Tolak Dokter Asing

Dinda Decembria
02 July 2024 17:50

Menkes Budi Sadikin. (Sumber: Dinda Decembria/Bloomberg Technoz)
Menkes Budi Sadikin. (Sumber: Dinda Decembria/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menolak rencana Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk mendatangkan tenaga medis dokter asing ke Tanah Air.

Menanggapi hal itu, Menkes Budi pun memiliki alasan kuat mengapa ia harus menghadirkan tenaga medis asing di Indonesia. Kata dia, salah satunya saat ini Indonesia memiliki 12 ribu bayi yang mengidap kelainan jantung bawaan. Sehingga dengan adanya dokter asing diharapkan bisa menekan angka kematian.

"Itu karena pada saat sekarang kita punya lebih 12 ribu bayi yang punya kelainan jantung bawaan. Itu harus di operasi cepet. kalo nggak meninggalnya tinggi," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

"Dan sampai sekarang kapasitas kita melakukan operasi itu 6 ribu per tahun. Jadi, 6 ribu bayi tidak tertangani. Ini bayi-bayi ini memiliki risiko tinggi untuk meninggal. Kalau kita tunggu risikonya makin tinggi. Nah kedatangan dokter asing itu itu sebenarnya untuk menyelamatkan 6 ribu nyawa ini,"jelasnya.

Budi pun menegaskan bahwa rencanannya mendatangkan dokter asing bukan untuk merendahkan kemampuan dokter di Indonesia.