Logo Bloomberg Technoz

Kebakaran Hutan Menyebar ke Pulau Yunani, Wisatawan Dievakuasi

News
02 July 2024 17:10

Kebakaran hutan di Yunani (Dok: Nick Paleologos/Bloomberg)
Kebakaran hutan di Yunani (Dok: Nick Paleologos/Bloomberg)

Sotiris Nikas - Bloomberg News

Bloomberg, Petugas pemadam kebakaran Yunani sedang berjuang untuk mengatasi kebakaran hutan di beberapa pulau terbesar di negara tersebut. Sehingga, pihak berwenang mulai melakukan evakuasi pada saat musim liburan dimulai.

Baik pengunjung maupun penduduk setempat diminta untuk meninggalkan desa Kardamena di Pulau Kos pada Senin (1/7/2024) malam karena api semakin mendekat dan mengancam properti. Kedutaan Besar Inggris di Yunani mengatakan kepada para pengunjung melalui X untuk mematuhi perintah dari pihak berwenang.

Yunani telah mengalami ratusan kebakaran dalam dua minggu terakhir karena panas yang menyengat dan angin kencang telah membuat pekerjaan untuk mengendalikannya semakin sulit. Dimulainya evakuasi merupakan pengingat musim panas lalu ketika sekitar 19.000 orang, termasuk ribuan turis, diselamatkan dari beberapa bagian Pulau Rhodes.

Musim panas ini "diprediksi akan sangat berbahaya" untuk kebakaran hutan, Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengatakan pada Senin dalam sebuah pertemuan dengan kabinetnya. "Kita sekarang memasuki masa-masa sulit musim pemadaman kebakaran."