Logo Bloomberg Technoz

Eni Mau Jual Asetnya di Indonesia, Incar Rp70,28 Triliun

News
02 July 2024 17:00

Perusahaan minyak Italia, Eni. (Dok: Bloomberg)
Perusahaan minyak Italia, Eni. (Dok: Bloomberg)

Alberto Brambilla, Antonio Vanuzzo dan Donato Paolo Mancini - Bloomberg News

Bloomberg, Grup energi Italia Eni SpA ingin mengumpulkan lebih dari €4 miliar (sekira Rp70,28 triliun) dari pelepasan bisnis hulu globalnya. Demikian disampaikan orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Penjualan ini akan menjadi bagian dari strategi yang lebih luas untuk melepas aset senilai €8 miliar selama tiga tahun ke depan. Unit-unit yang dapat menjadi kandidat untuk rencana penjualan aset, termasuk beberapa operasi di Indonesia dan Siprus, kata orang-orang yang tidak mau disebutkan namanya karena alasan rahasia.

Pendekatan ganda yang dibuat oleh Chief Executive Officer Claudio Descalzi akan membuat Eni mendivestasikan aset-asetnya, termasuk proyek-proyek yang lebih kecil yang mungkin menarik bagi pembeli lokal, sementara juga mempertimbangkan penjualan saham di beberapa proyek besar.

Eni telah mengisyaratkan bahwa mereka ingin secara bertahap menghentikan kegiatan yang berhubungan dengan hidrokarbon untuk membiayai rencana transisi energinya. Descalzi mengejar apa yang disebut sebagai model satelit--memisahkan divisi-divisi dan bermitra dengan investor eksternal, dengan tujuan untuk pada akhirnya mendaftarkan mereka. Hal ini akan mencakup bisnis seperti spesialis energi terbarukan, Plenitude, serta perusahaan biorefining dan mobilitas, Enilive.

Saham Eni (Dok: Bloomberg)