Logo Bloomberg Technoz

Mobil BYD di RI Pakai Baterai LFP, Begini 2 Cara Ngecasnya

Pramesti Regita Cindy
02 July 2024 12:40

Kendaraan sport BYD Co. Denza N8 saat acara media di kantor pusat perusahaan di Shenzhen, China, Senin (15/1/2024). (Qilai Shen/Bloomberg)
Kendaraan sport BYD Co. Denza N8 saat acara media di kantor pusat perusahaan di Shenzhen, China, Senin (15/1/2024). (Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Raksasa kendaraan listrik atau electric vechile (EV) asal China, Build Your Dreams (BYD), memberikan dua opsi pengisian daya baterai mobil listrik mereka kepada konsumen di Indonesia.

Pertama, BYD menawarkan peningkatan daya dari instalasi listrik rumah yang sudah ada. BYD mengeklaim akan mengurus segala teknis terkait pemasangan, termasuk tambahan charger khusus yang disediakan oleh BYD dan integrasi dengan sistem listrik rumah yang ada.

Adapun, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) hanya akan menangani peningkatan daya sesuai kebutuhan charger tambahan.

"BYD memastikan bahwa charger-nya dan device-nya itu dari BYD. Instalasinya juga dari BYD, kemudian materialnya juga dari BYD," jelas Head of PR and Goverment Relation PT BYD Indonesia, Luther Panjaitan dalam pemaparannya, akhir pekan. 

Penyerahan 1.000 unit pertama mobil BYD di Indonesia, Minggu (30/6/2024)./Bloomberg Technoz-Pramesti Regita Cindy

Kedua, melalui pemasangan baru dengan penarikan meter listrik baru. Prosesnya, kata Luther, disebut juga mirip dengan peningkatan daya listrik, tetapi BYD akan menyesuaikan dengan kondisi rumah pelanggan, baik dari segi instalasi maupun biaya tambahan yang mungkin dikenakan.